Pertemuan ke-9
Rabu, 14 November 2012
Dosen : Gufron
Komunikasi semakin cepat berkembang dan banyak dibutuhkan
anak-anak muda dan tenaga-tenaga baru yang berkecimpung dibagian komunikasi. Humas
adalah kependekan dari hubungan masyarakat. Hal ini seringkali disederhanakan
sebagai sebuah terjemahan dari istilah Public Relations (PR). Sebagai
ilmu pengetahuan, PR masih relatif baru bagi masyarakat Indonesia. PR sendiri
merupakan gabungan berbagai ilmu dan termasuk dalam jajaran ilmu-ilmu sosial
seperti halnya ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi, sosiologi, komunikasi
dan lain-lain.
Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami
perkembangan yang sangat cepat. Namun perkembangan PR dalam setiap negara
itu tak sama baik bentuk maupun kualitasnya. Proses perkembangan PR lebih
banyak ditentukan oleh situasi masyarakat yang kompleks. PR merupakan
pendekatan yang sangat strategis dengan menggunakan konsep-konsep komunikasi. Di
masa mendatang PR diperkiraan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa.
Terkadang ada kalanya PR mengadakan pan raising atau bisa
dikenal dengan penggalangan dana. Kegiatan penggalangan dana dilakukan untuk
menaikan popularitas disumbangkan kepada yang membutuhkan. Adapula CSR yang
dilakukan PR menjelang idul fitri untuk melakukan mudik bersama hal tersebut
juga dilakukan untuk mendekatkan perusahaan kepada masyarakat dan menaikan
popularitas perusahaan tersebut. Dalam sebuah organisasi, public relations
merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi perilaku publik sasarannya,
mengidentifikasi kebijakan, dan program organisasi atau individual melalui
kepentingan publik dan melaksanakan program atau kegiatan komunikasi yang telah
direncanakan sebagai salah satu tindakan untuk membuat publik menjadi mengerti
dan menerima tujuan perusahaan atau organisasi. \
Dewasa ini, Public Relations harus berhadapan dengan
fakta yang sebenarnya, terlepas dari apakah fakta itu buruk, baik, atau tanpa
pengaruh yang jelas. Karena itu, staf Public Relations dituntut mampu
menjadikan orang-orang lain memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi atau
citra lembaga yang diwakilinya.Kebanyakan sarjana dari
aliran kritis dalam studi humas
menganalisa organisasi dan pesan-pesan yang ditampilkan
bukan dalam usaha untuk memperbaiki perusahaan bersangkutan. PR merupakan suatu
profesi yang menghubungkan antara lembaga atau organisasi dengan publiknya yang
ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut. Karena itu PR berfungsi
menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen, memberikan pengertian,
menumbuhkan motivasi dan partisipasi. PR pada dasarnya menciptakan kerjasama
berdasarkan hubungan baik dengan publik. Dalam PR dibedakan dua macam publik
yang menjadi sasaran yakni publik internal dan eksternal.
Secara sederhana tugas
praktisi kehumasan adalah menjadi penghubung antara lembaga publik dengan
masyarakat luas, agar tercapai saling pengertian, kerjasama dan sinergi yang
positif antara berbagai pihak yang ada. Dalam konteks lembaga lembaga
publik seperti pemerintah, sejatinya peran melayani dan mengembangkan dukungan
publik guna mencapai tujuan organisasi-lah yang sangat penting dimainkan oleh
praktisi kehumasan. Pada konteks ini, maka praktisi humas harus bisa membentuk
nilai-nilai, pemahaman, sikap-sikap, sampai perilaku dari publik agar sejalan
dengan kebutuhan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar