Senin, 17 September 2012



Pertemuan ke-3
Rabu, 12 September 2012
Dosen : Didiet Anindita
http://www.mixcloud.com/didietaninditaphotographer/


Dalam kuliah kapita selekta minggu ini, kita mempelajari Exposure Triangle bersama Bapak Didiet Anindita. Sebuah foto pada umunya dihasilkan dari kombinasi unsur :
  • Aparture/ Diafragma/ F Stop
Merupakaan bukaan lensa yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke lensa. Semakin kecil angka, maka semakin banyak sinar yang masuk, sebaliknya apabila semakin besar angkanya, semakin sedikit sinar yang masuk.


  • Shutter Speed/ Time
adalah lamanya waktu sinar yang masuk dalam merekam cahaya ke sensor kamera. Ada beberapa teknik fotografi yang bisa dihasilkan dengan memanfaatkan Shutter Speed : slow speed, panning, freeze.
Contoh panning photography menggunakan shutter speed si atas 1/125 sec.
  • ASA/ ISO (International Standard Organization)
Kepekaan kamera dalam menangkap sinar. ISO Speed adalah nomor yang digunakan untuk merepresentasikan ISO untuk merating sensitivitas film dan jumlah cahaya yang diperlukan kamera untuk menangkap foto (ISO 50, ISO 100, ISO 200, ISO 400, ISO 800, ISO 1600, ISO 3200, ISO 6400, ISO 12800). Semakin kecil ISO yang digunakan dalam memotret, maka sinar yang masuk akan semakin banyak dan terang, dan sebaliknya.


Selain itu, kita juga mempelajari :
White Balance
Kalibrasi titik berwarna putih. Ada 2 teknik dalam white balance : manual white balance dan automatic white balance. Manual white balance yaitu mengatur warna putih dalam kamera digital dengan cara mengarahkan kamera ke objek berwarna putih. Sedangkan automatic white balance adalah kamera itu sendiri yang mendeteksi adanya cahaya sekitar dan menentukan sendiri warna putih yang dimaksud. White Balance dinyatakan dalam satuan cahaya (Kelvin) dengan 0 Kelvin (biru) hingga 8000 Kelvin (kuning), cahaya normal berada di posisi 5000-5200 Kelvin.

Zooming Photography


Pemotretan dengan menggunakan speed lambat. Ukuran lensa : 18mm, 20mm, 24mm, 28mm, 35mm, (Wide Angle, lensa sudut lebar, biasa untuk foto panorama, arsitek, landscape)), 85mm, 105mm, 110mm, 135mm, 180mm, 200mm, (Tele Lens, lensa jauh). Ukuran lensa standard adalah 50mm sama dengan mata manusia.
Foto dengan tele lens
Foto dengan wide angle

Zone System
Proses peralihan dari warna hitam ke putih. Biasanya ada 3 warna yaitu hitam (gelap), putih (terang), abu-abu 9gradasi terang-gelap).


Resolusi Kamera
Kemampuan kamera untuk membuat gambar. Buffer (tempat kamera menyimpan gambar). Pixel dalam kamera handphine lebih kecil, maka lebih besar gambar yang dihasilkan dengan kamera pocket.
Mata manusia : 120 juta pixel
Foto halaman majalah : 9 juta pixel

Sumber foto : google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar