Selasa, 11 September 2012

MEDIA ONLINE



Rabu, 29 Agustus 2012, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara mendatangkan seorang dosen tamu untuk mata kuliah Kapita Selekta bagi mahasiswa semester-7. Suwarjono, Managing Director dari Vivanews membagikan pengetahuannya seputar media online, dunia yang sudah digelutinya sekitar 15 tahun. Bermula dari seorang jurnalis di Majalah Gatra, dia pernah ikut meliput demonstrasi besar-besaran di Indonesia pada tahun 1998.


Sumber : http://news.viva.co.id/
Sebagai seorang yang sudah sangat berpengalaman di dunia online, Suwarjono mengatakan bahwa saat ini sedang terjadi pergeseran penyebaran informasi. Dimana awalnya berita didapatkan lewat media cetak, tapi sekarang memperoleh informasi bisa dilakukan lebih mudah karena adanya media online yang dapat diakses darimanapun dan kapanpun. Hal ini dikarenakan media online dianggap lebih efisien dibandingkan dengan media cetak, tidak perlu adanya bahan baku berupa kertas, tinta, dan lain sebagainya. Selain itu, saat ini peminat media cetak sudah mulai berkurang, banyak orang beralih ke media online, seperti media sosial twitter, facebook, blogger, dan website lainnya.


Dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, seharusnya media online dapat dimanfaatkan sedemikian rupa oleh para penggunanya dan menghasilkan uang dari apa yang dikerjakan lewat media online. Tidak sedikit yang melakukan hal ini di Indonesia dan berhasil meraup keuntungan dari ketekunan mereka menjelajahi media online.  Kemajuan teknologi ini juga banyak dimanfaatkan para pemakainya untuk saling tukar informasi, tidak hanya sesama pemakai di Indonesia, tetapi juga secara global, dari satu negara ke negara lain. Arus informasi seperti ini membuat segala sesuatu berjalan denga sangat cepat, tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mengetahui apa yang terjadi dibelahan dunia lain.
Sumber : http://kerjaonline.net/

Kesibukan yang dihadapi oleh orang-orang zaman sekarang membuat media online sangat digemari karena sifatnya yang dapat diakses sangat mudah, bahkan di telepon genggam sekalipun. Sekitar 3 juta pengakses di Indonesia mengakses media online lewat telepon genggam mereka. Saat ini internet tidak hanya dapat diakses dari komputer saja, hal ini lah yang membuat jumlah akses ke internet di Indonesia dapat berkembang sangat pesat.
Diluar kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media online, media tersebut juga memiliki beberapa problem umum, seperti:
·         Ketakutan akan keamanan
·   Minimnya pengakses, di Indonesia walaupun sedang mengalami perkembangan pemakai media online yang sangat pesat, namun jumlahnya belum sebanding dengan banyaknya penduduk di Indonesia
·         Tampilan/desain tulisan
·         Tidak memaksimalkan layanan
·        Kurang update, banyak ditemui situs yang sudah tidak lagi terupdate sehingga beritanya tidak yang baru
·         Ketahui karakter online
·         Tidak menggunakan sosial media

Karena sifatnya yang sangat global dan terbuka, kebenaran informasi yang tersebar dimedia online terkadang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Para pengguna harus bisa bersikap kritis dalam menghadapi gempuran informasi yang mungkin belum tentu benar. Bahkan media online juga seringkali dipergunakan untuk mengadu domba, mencuci otak, menghancurkan nama baik, dan hal hal negative lainnya. Hal ini bisa terjadi juga karena karakteristik pembaca online yang tidak akan membaca hal yang menurutnya tidak menarik, dan hanya akan membaca sedikit dan tidak mendalam, sehingga informasi yang didapatkan tidak detail dan terkadang menarik kesimpulan sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar