Selasa, 09 Oktober 2012

Budaya Perancis dan Up to date

Pertemuan ke-6
Rabu, 3 Oktober 2012
Dosen : Madam Christine


Kali ini kami kedatangan seorang dosen yang bisa dibilang tidak diduga. Saat masuk kelas, seorang perempuan yang memiliki senyum ramah dan berhidung mancung sudah menanti kami. Tidak lain ia adalah Madam Christine, dosen bahasa Perancis di Fikom Untar. Sambil menunggu anak-anak lain masuk ke dalam kelas, dan memulai pokok bahasan yang akan diberikan, ia bercerita sedikit mengenai negaranya. Seperti kita tau, Perancis sangat identik dengan menara Eiffel yang terkenal itu. Orang Perancis biasa menyebutnya Gustare Eiffel atau La Tour Eiffel. Negara ini juga memiliki museum terkenal yang bernama Musee de Louvie. Museum itu menyimpan sebuah lukisan bersejarah yang bernama Monalisa, dan diciptakan oleh Davinci.



Perancis sangat menjunjung tinggi martabat dan bahasa nya. Mereka sangat mengutamakan bahasa mereka dalam kehidupan sehari-hari, bahkan mereka juga akan berbicara bahasa Perancis dengan turis pendatang. Dengan kata lain, kita harus menyewa seorang tour guide berbahasa Perancis untuk dapat berkomunikasi di sana. Ada yang berkata bahwa mereka tidak bisa berbahasa Inggris, namun di sisi lain, warga Perancis memang tidak ingin bahasanya sirna karena bahasa internasional yang lain. Alas an yang lebih tepatnya adalah, pertama, bahasa Perancis adalah bagian dari Negara mereka, sehingga harus dijunjung tinggi. Kedua, kesombongan Perancis, yang menganggap bahwa bahasa mereka harus diutamakan. Serta yang ketiga, adanya sejarah perang dunia ke dua, di mana ekonomi Perancis hancur. Disaat yang bersamaan, Amerika Serikat meminta pemerintah Eropa untuk mendirikan markas perang di berbagai tempat. Hampir seluruh Eropa setuju, hanya Perancis yang menolak kebijakan tersebut. Perlawanan tersebut dipimpin oleh General de Gaulle, dengan konsekuensi ia harus keluar dari NATO. Masa itu menjadi keadaan terburuk Perancis, di mana mereka harus memohon-mohon untuk meminta bantuan kepada AS, namun tidak dibantu dengan semestinya. Hal inilah yang membuat mereka merasa berjuang sendiri, tanpa bantuan AS, maka mereka juga harus menyetarakan bangsa dan bahasanya dengan AS yang berbahasa Inggris. Mesikpun banyak pendatang yang kini tinggal di Perancis, namun pada abad 20, keadaan rasis sangat terlihat di sana. Semua tukang bangunan di Perancis pada abad itu berkebangsaan Spanyol atau Italy, sedangkan semua supir taxi berkebangsaan Rusia.

Hingga saat ini, industri hiburanlah yang paling berkembang di Negara Perancis ini. Mereka memiliki hiburan cinema yang terkenal dan panggung teater. Hampir setiap orang meluangkan waktu mereka 2 kali dalam seminggu untuk menonton pertunjukan teater.

Berlanjut pada topik yang Madam Christine bawakan mengenai Robert Badinter. Lelaki yang berasal dari keluarga menengah kebawah ini lahir pada tahun 1928. Ayah Robert Badinter ini berkebangsaan Rusia dan beragama Yahudi. Pada saaan perang dunia ke dua, seluruh perancis dijajah dan ayahnya ditangkap. Singkat cerita ayah Robert meninggal di penjara. Namun di sisi lain, Robert mendapatkan bea siswa untuk menjadi sarjana sastra dan hukum. Karena kehidupan Robert yang serba berkekurangan, ia harus bekerja untuk dapat makan, dan juga mimpinya sebagai guru besar hukum harus dikesampingkan.

Pada tahun 1972, Robert ditunjuk untuk membela dua orang pembunuh berat, yang dijatuhi hukuman mati. Para napi ini dihukum mati karena ia telah menyandra dan membunuh seorang sipir dan perawat di dalam penjara. Kali itu Robert membela napi yang berumur lebih muda, karena ia hanya mengikuti temannya, namun tidak ikut melakukan pembunuhan. Berita itu tersebar ke seluruh tempat dan masyarakat sangat kesal akan kasus tersebut. Sebagai seorang pengacara, ia juga harus mengikuti dan menonton eksekusi yang akan dilakukan pada klien nya. Pada saat itu eksekusi dilakukan dengan cara dipancung atau guillotine. Nama guillotine berasal dari nama pencipta alat tersebut Dr. Guillotine pada tahun 1792. Sedangkan pada tahun 1972, tidak diperbolehkan lagi melakukan eksekusi di depan public. Robert sangat shok dalam eksekusi itu, hingga akhirnya ia memutuskan untuk  memperjuangkan menghilangkan hukuman mati. Pada Juni tahun 1981, Robert berhasil menjadi guru besar hukum di bebarapa universitras, serta dikenal sebagai pembela narapidana yang dihukum mati. Selama kurang lebih 15 tahun ia berkarya, ada sekitar 6 kasus yang berhasil dimenangkan. Hukuman mati dapat diperingan menjadi hukuman seumur hidup. Pada Juli tahun 1981, Robert menjadi Garde des Sceaux / penjaga stampel Negara/ menteri kehakiman. Tiga bulan berikutnya ia mengajukan ke DPR atau Assemble Nationale/ wakil rakyat, untuk melakukan abolisi. 
Pada 18 September 1981, kasus itu dirundingkan dan menghasilkan 369 suara mendukung abolisi, 113 suara menolak, dan 5 diantaranya tidak hadir. Rapat selanjutnya pada tanggal 30 September 1981 terdapat 161 suara mendukung abolisi, 126 menolak abolisi, serta 1 diantaranya tidak hadir. Akhirnya pada tanggal 10 Oktober 1981, disahkan Undang-undang abolisi yang terdiri dari Sembilan pasal, yang berisi :
1.      Hukuman mati dihapuskan.
2.      Pasal-pasal lain yang menjelaskan pasal-pasal KUHP dan militer yang harus diubah sesuai dengan ayat pertama.
Pada akhirnya Robert Badinter menjabat presiden ke lima di Conseil Conseil Constitutionel / MK / dewan konstitusi tahun 1980-1995. Ia berhasil menjadi senator, dengan umurnya yang sudah sangat tua, dan berdasarkan pengalaman panjangnya, ia juga masih aktif dalam memperjuangkan HAM. Dan dalam misi perdamaian, poling masyarakat sebesar 63% mendukung abolisi.


Topik ini hampir sama dengan keadaan hukum Indonesia yang sedang mempertimbangkan adanya hukuman mati bagi para koruptor. Kita sebagai penerus bangsa, undang-undang apakah yang kita harapkan? Apakah dengan adanya hukuman mati, kasus korupsi di Indonesia dapat dihapuskan? Marilah kita perjuangkan nasip bangsa kita sebaik-baiknya. Karena sebagai anak muda, kitalah yang akan menjadi tumpuan bangsa Indonesia di masa depan.




1 komentar:

  1. William Hill Betting Locations | Mapyro
    Find 출장안마 William Hill sports betting 출장안마 locations in Maryland, West Virginia, Indiana, Pennsylvania, 바카라 사이트 South Dakota, West Virginia and more. worrione.com filmfileeurope.com BetRivers.com.

    BalasHapus